Pola makan sehat cegah risiko penyakit

Rabu, 30 Mei 2012 22:35 WIB | 1169 Views

Jakarta (ANTARA News) – Tak banyak orang menyadari kalau mencatat pola makan ternyata dapat mengurangi resiko berbagai penyakit seperti diabetes, hipertensi dan serangan jantung.

Spesialis Gizi Klinik Universitas Indonesia, Dr Pauline Endang Praptini, SpGK mengatakan mencatat pola makan keseharian berguna mengubah pola pikir individu sehingga bisa mengurangi penyakit diabetes, kolesterol, jantung koroner, dan hipertensi.

“Kebiasaan mencatat pola makan dapat membentuk perilaku sehat dari kebiasaan makan,” kata dia dalam diskusi kampanye hidup sehat Soyjoy di Jakarta, Rabu (30/5).

Ia mengatakan, penyebab diabetes bukan hanya dari keturunan, tapi juga karena gaya hidup dan pola makan yang tidak teratur. “Penyakit itu tidak pandang umur, 30 tahunan yang sudah terkena diabetes juga ada,” katanya.

Menurut dia, dengan melakukan pencatatan pola makan sehari-hari akan memberikan kebaikan dan motivasi bagi penderita diabetes untuk mengendalikan kadar glukosa di dalam darah melalui pengaturan pola makan.

“Perilaku tersebut merupakan bagian penting dalam manajemen diabetes sehingga pasien diabetes akan menyadari makanan yang dikonsumsinya sehari-hari,” kata dia.
(tia)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012



Sumber :
ANTARANEWS.com : http://www.antaranews.com/berita/313378/pola-makan-sehat-cegah-risiko-penyakit

Tidak ada komentar:

Translate