7 Kunci Kebahagiaan Manusia

WIN | APRIL 27, 2012

Para ahli spiritual seperti Dalai Lama dan Deepak Chopra menyebutkan bahwa kebahagiaan merupakan status pikiran. Kebahagiaan tidak tergantung oleh barang atau benda apa pun. Semuanya ada di pikiran Anda. Segala hal yang ada di luar diri kita ini hanyalah pendukung. Apa saja yang bisa mendukung:

1. Seni
Menurut studi pada Mei 2011 yang dilakukan Journal of Epidemiology, orang yang menikmati seni dan aktivitas budaya lainnya dapat merasa lebih bahagia dan sehat. Khusus untuk pria, aktivitas fisik, hobi dan menjadi sukarelawan juga memberikan sumbangan besar terhadap kebahagiaan mereka.

2. Miliki hewan peliharaan
Survei yang dilakukan Journal of Personality and Social Pshychology pada Juni 2011 mengungkapkan bahwa memiliki hewan peliharaan seperti anjing atau kucing dapat meningkatkan harga diri. Penelitian ini juga menemukan bahwa hewan peliharaan memiliki kemampuan yang sama seperti teman.

3. Bersyukur
Bepikir positif dan bersyukur merupakan salah satu faktor kunci kebahagiaan seseorang. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki kebiasaan menuliskan tiga hal positif yang terjadi pada dirinya setiap minggu, dapat meningkatan kebahagiaannya.

4. Memupuk sikap altruisme
Altruisme atau sikap mengutamakan kepentingan orang lain dikaitkan dengan hubungan yang kuat antarsesama. Studi menemukan, seseorang akan merasa bahagia jika ia mampu menolong sesama. Bahkan pada 2008, Jurnal Science mengatakan bahwa seseorang akan merasa bahagia ketika ia memberikan uangnya kepada orang lain dibandingkan menghabiskannya untuk berbelanja.

5. Nostalgia
Seseorang yang energik dan ekstrovert dapat dikatakan sebagai pribadi yang paling bahagia. Namun, kebahagiaan sebenarnya dapat dicari dari kenangan masa lalu yang indah. Menikmati kenangan indah dan menempatkan yang buruk ke dalam sisi positif kehidupan dapat membantu membuat hidup lebih bahagia.

6. Kepuasan seks atau seks yang harmonis
Kepuasan dalam hubungan seksual sangat terkait dengan kebahagiaan seseorang, kata Journal Sexual of Medicine pada 2008. Demikian juga pada pasangan yang baru menikah, kecemasan akan berkurang ketika mutu kehidupan seksual mereka makin baik.

7. Jangalah fokus pada proses mengejar kebahagiaan
Studi pada Mei 2011 menyatakan bahwa orang yang terlalu fokus untuk mengejar kebahagiaan justru sebaliknya akan tidak bahagia. “Menunggu dan mencari kebahagiaan justru akan membuat Anda tidak bahagia,” kata Iris Mauriss, peneliti dan juga asisten profesor psikologi di Universitas Denver, Amerika Serikat.


Sumber :
Sehatnews.com : http://www.sehatnews.com/2012/04/27/7-kunci-kebahagiaan-manusia/

Tidak ada komentar:

Translate