Wajib Tahu Agar Bahan Makanan Selalu Segar

Bahan masakan perlu disimpan dengan benar agar kesegarannya terjaga.

Mutia Nugraheni
Rabu, 18 Juli 2012, 12:26 WIB

VIVAlife - Bagi Anda yang sibuk, pasti cenderung tak punya waktu berbelanja bahan masakan setiap hari. Membeli banyak bahan masakan di akhir pekan lalu menyimpannya di lemari pendingin pun jadi pilihan.

Tapi seringkali, bahan masakan yang disimpan sudah tak lagi segar saat akan dimasak. Cara menyimpan yang kurang tepat bisa jadi penyebabnya. Setelah berbelanja hindari membiarkan semua bahan masakan dalam satu plastik lalu menyimpannya dalam lemari pendingin.

Tiap bahan masakan perlu disimpan secara khusus. Tentu saja agar aroma, rasa dan warnanya tetap terjaga. Untuk itu Anda wajib tahu cara tepat menyimpan empat bahan dasar masakan berikut.

Tomat
Jangan pernah menyimpan tomat dalam kulkas. Itu karena kulitnya bisa jadi keriput dan rasanya berubah. Seperti dilansir dari Woman's Day, simpan saja di suhu kamar dan bisa bertahan selama sekitar tiga hari.

Kentang dan bawang
Keduanya bisa disimpan dalam kertas atau wadah dari bahan. Letakkan di tempat yang dingin, gelap dan bisa bertahan hingga satu bulan. Tapi pastikan keduaya disimpan secara terpisah. Itu karena bawang bisa menyerap kelembaban dari kentang dan memancarkan gas ethylene, yang mempercepat pembusukan kentang.

Daun bumbu
Anda bisa menyimpan dalam kulkas, daun peterseli, ketumbar dan mint di kantong plastik tertutup. Daun-daun bumbu tersebut bisa bertahan kesegarannya hingga satu minggu. Sementara daun thyme, rosemary dan daun bawang bisa hingga dua minggu.

Sitrus
Untuk jeruk sitrus, Anda bis amenyimpannya dalam kulkas agar bertahan hingga tigga minggu. Sebelum menggunakannya, keluarkan dulu dari kulkas dan diamkan dalam suhu kamar agar mudah diperas dan air yang keluar lebih banyak. (pie)
• VIVAlife


Sumber :
Viva.co.id - http://life.viva.co.id/news/read/336216-wajib-tahu-agar-bahan-makanan-selalu-segar

Tidak ada komentar:

Translate