Waspadai Kanker Payudara, Inilah Pemicunya

Selasa, 26 Juni 2012, 10:04 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, Meski tak ada angka pasti soal prevalensi maupun jumlah penderita, tren jumlah penderita diperkirakan terus meningkat. “Bila disurvei dari rumah sakit dan Puskesmas (di Kota Bandung), penderita kanker payudara sekitar lima persen total perempuan,’’ kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ahyani Raksanagara.

Dokter spesialis payudara, Drajat Suardi, mengungkapkan penderita kanker payudara umumnya adalah perempuan di atas usia 40 tahun. “Perempuan usia 40 tahun ke atas sebaiknya melakukan "mamografi" kata dia. Makanan tak sehat, kehamilan terlambat, tidak menyusui, dan menopause, menurut Drajat bisa memicu kanker payudara. Menurut dia hanya lima persen kemungkinan kanker payudara disebabkan faktor keturunan.

Meski mayoritas penderita kanker payudara berusia di atas 40 tahun, menurut Drajat, perempuan muda juga tak terbebas dari risiko. Ini karena fase menstruasi juga punya pengaruh terhadap kemungkinan kanker payudara.

Langkah sederhana mendeteksi kanker payudara selain menjalani tes mamografi, sebut Drajat, adalah dengan memeriksa payudara sendiri. Yaitu memeriksa ada atau tidaknya benjolan di sekitar payudara. Kalau terdeteksi, benjolan harus segera diangkat dengan terapi atau operasi, tegas dia.


Redaktur: Endah Hapsari


Sumber :
Republika Online - http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/12/06/25/m65wx2-waspadai-kanker-payudara-inilah-pemicunya

Tidak ada komentar:

Translate